PEDAGANG IKAN BAKAR NGALAP BERKAH DI BULAN RAMADHAN

Indramayu, Berkah di bulan puasa Ramadhan tahun ini selain dirasakan para pedagang besar baik yang ada di swalayan maupun di mini market serta yang terbuka di pasar-pasar dadakan sepanjang jalan. Keramaian berniaga di bulan Ramadhan pun dirasakan oleh pedagang ikan yang ada di pusat penjualan ikan Pasar Baru Indramayu.

Salahseorang pedagang ikan yang ramai ditemui pembeli adalah Sagle 43 th. Ia warga Desa brondong yang sudah 12 tahun berdagang di los Pasar Ikan Indramayu. Meibu nurut pengakuannya di bulan ramadhan ini pembeli ikan segar meningkat seratus persen.

“Kami sebenarnya tidak menaikkan harga, tapi permintaan konsumen meningkat, dan persediaan ikan kita selain dikirim ke kota Jakarta dan Bandung juga untuk mencukupi kebutuhan local. Kami berusaha menaikkan stok. Wal hasil karena menjelang lebaran banyak nelayan yang tak melaut, harga pun sulit ditekan,” tutur sagle.

Dari penjelasan Sagle dan Istrinya, diterangkan bahwa harga ikan segar kakap putih dan berok berkisar 25-30 ribu per kilo. Kanang 30-35 ribu perkilo. Udang 25-30 per kilo, tongkol dan tuna 35-40 ribu per kilo. Bawal 30-40 ribu per kilo. Dari pengamatan TEROPONG NEWS Hampir semua jenis ikan setiap hari habis terjual. Para konsumen kebanyakan memilih ikan dibakar selain di goreng.

Yang paling menarik di sudur Pasar Ikan Indramayu terdapat usaha jasa pembakaran ikan. Usaha milik yu Saroh ini hampir setiap hari dikerubutin ratusan pembeli sejak duhur hingga menjelang adzan magrib. Yu Saroh mematok harga yang di hari biasa perkolo sebesar Rp 10 ribu, selama bulan ramadhan ia menaikkan harga sebesar Rp15 ribu rupiah. Kenaikan ini berkaitan ia menambah dua orang tenaga pembakar selain sumainya sendiri. Dan dengan senyum bangga ia mengaku lebaran tahun ini membawa berkah keuntungan yang lumayan. Yu Saroh dikenal bakaran ikannya kering dan bumbu irisan cabe rawit dan ulekan sambel kacangnya membuat banyak orang tergila-gila..***

Komentar