Kreasi Film "Empat Cinta"

Semalam Bang Dino Syahrudin mengabarkan melalui telepond genggamnya pada saya, tentang aktifitasnya kini sebagai salah seorang manager di TV Desa. Aktor serba bisa ini mengabarkan telah tayangnya Film "Empat Cinta" yang berisi 4 Program Pembangunan Kabupaten Tegal dibawah Kepemimpinan Bupati Enthus Susmono dan Umi Azizah. Film Doku Drama karya Sutradara Heru S. Heru S Sudjarwo - Perupa Wayang Purwa dengan penulis skenario Hadi Utomo-Penulis Kamus Bahasa Tegal itu telah ditayangkan seminggu yang lalu secara berturut-turut.

"Masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan film dan tayangan infoormasi dan seni budaya Desa yang ada di berbagai daerah Indonesia, jika telah membeli parabola mini dan mendapatkan providernya cukup sekali beli selamanya kemudian gratis. Kelebihan dalam memiliki Jaringan TV Desa ini stasiun TV lainnya juga dapat dinikmati secara luas dan lebih banyak," demikian Bang Dino mengabari sembari menyaksikan Film 4 Cinta.

Aktor yang baru saja ikut serta dalam pembuatan film-film sejarah Cirebon ini juga menitipkan syaran agar para sineas daerah, seniman daerah para aktor dan praktisi seni memanfaatkan peluang baik ini. Artinya jika dulu seniman daerah hanya jadi obyek dari produksi film, kini saatnya seniman harus menjadi subyek yang bebas memproduk tema-tema budaya, dan muatan lokal daerahnya secara kreatif. TV Desa akan memberi peluang sebesar-besarnyakepada para kreator daerah untuk berkarya, dan mengirimkan hasil karyanya untuk ditayangkan di TV Desa yang berstatus Nasional bahkan Internasional.

"Seniman sekarang harus lancip ujungnya, dan mendongak ke atas. Jangan tumpul. Ini kesempatan bagus. Era Presiden Jokowi dan Joesuf Kala, telah membuka peluang besar pada para seniman daerah untuk eksis dan memiliki standar serta peraihan status yang sama dengan seniman lainnya," tegas Bang Dino mengakhiri pembicaraan dengan penulis semalam.*** (N.Dibo)

Komentar