Puisi 2013 Nurochman Sudibyo YS. - AKU SUNGAI DAN BATU-BATU

Aku sungai dan batu-batu
mengalirkan harapan lewat benih yang ditebar
jadi tumbuhan hijau lebar dan bercahaya
semua insan merasai setiap tetesnya
satu-satu. Aku juga sungai
yang merasuki sumur kejayaan
hingga muara bersatu padu
juga batu-batu itu
tumbuh dari pecahan masa lalu
menjadi pasir, kerikil, koral dan gamping
datang dari puncak gunung, menenung
hujan, jadi cuaca yang indah
membawa dua anakku berangkat sekolah,
makan berkecukupan, minum penawar kehausan
lalu dari batu-batu itu tumbuh kehidupan
menjadi jalan, jembatan, bendungan,
gedung-gedung dan rumah yang megah

Aku ini sungai dan batu-batu
yang dipecahkan anak-anak cahaya
berpesiar memaknai dunia
tempat bercengkerama seluruh anak bangsa,
sepenuh gembira keluarga yang tertata
lalu batu-batu itu dibiarkan menyambut
energi matahari, berhari-hari
semakin tumbuh, semakin tak bisa rapuh
karena aku ini sungai dan batu-batu itu
seluas kasih ibu
sepanjang rasa sayang Ayah
bertaburan seperti pasir di deray air hujan

Seperti ibu pertiwi menjaga tanah airku
dengan segala syukur, dengan segala makmur,
bertabur cahaya, sepenuh nur
mencintai tanah air dan bangsa ini seperti aku
sungai dan batu-batu itu.

Indramayu, Indonesia Maret 2013

Komentar