10 PASANG SI NOK SI TONG SIAP MASUK GRAND FINAL

Kota Tegal--10 Pasang Si Nok dan Si Tong Rabu 20 Juni 2012 kemarin berhasil dijaring untuk masuk ke babak Grand Final setelah melewati berbagai penilaian. Lomba yang diikuti oleh tidak kurang dari 58 peserta putra-putri Kota Tegal dengan batas usia 17-25 tahun itu dibabak penyisihan diuji kepribadian, intelektual, pengetahuan seni budaya, uji bakat kemampuan dan berbagai hal tentang kepariwisataan.


Dihadapkan pada 6 dewan juri yang berkompeten hasilnya akan kembali diseleksi dibabak akhir yang digelar pada hari Sabtu 23 Juni 2012 . Pada acara puncak nanti akan ditentukan pasangan penyandang Duta Wisata Kota Tegal 2012. Dan juara-juar lainnya. Di malam puncak penganugerahan Duta Wisata Kota Tegal tersebut nantinya juga akan disajikan berbagai kegiatan seni budaya. Bahkan oleh panitia penyelenggara acara penyematan anugrah Duta Wisata tahun ini akan dibuat tidak seperti biasanya. Konon selain dibentuk semi sendratari penyematan akan menjadi sebuah tontonan yang memberi kesan lain pada peningkatan budaya Kota Tegal.

Dari Penjelasan H.Riyanto Kabid Kepariwisataan Di Dinas PORA BUDPAR yang menangani agenda kegiatan Duta Wisata ini berharap kegiatan tahun ini lebih semarak dibanding tahun sebelumnya. Masyarakat Kota Tegal dipersilahkan ikut menyaksikan acara penyematan Duta Wisata Kota Tegal 2012 ini pada Sabtu Malam minggu ba'da Isya di Depan Pendopo Kota Tegal.

''Sebagaimana lomba yang telah dilaksanakan dalam kegiatan ini semua serba Gratis tidak dipungut biaya baik pada peserta, pendukung maupun pengunjung yang berniat menyaksikan kegiatan tersebut, hal ini karena Pemkot sudah membiayai semuanya jadi jangan heran kalau dalam kegiatan ini tidak ada logo sponsornya. Karena anggarannya setelah diajukan pihak pemerintah dan disetujui DPRD selanjutnya dilaksanakan oleh Dispora parbud melalui even organiser yang ditunjuk melalui kelengkapan persyaratan sebagai penyelenggara kegiatan". Ujar Riyanto.

Sementara itu pihak panitia Penjaringan peserta yang dilakukan oleh even Organiser Seven Miracle Production yang diketuai Ayya (28) melalui Dinas PORA BUDPAR Kota Tegal, menerangkan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak tanggal 16 Juni lalu. Dari keterangan panitia tercatat sebanyak 58 peserta calon Duta Wisata Kota Tegal yang di tingkat Jawa Tengah dikenal lomba Mas dan Mbak Duta Wisata JATENG.

"Saya bersama tim alhamdulillah telah melewati berbagai tahapan kegiatan yang saya pikir telah berupaya lebih baik dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Image yang kami bangun untuk penyelenggaraan kegiatan Duta Wisata yang didalamnya menyangkut pemilihan Si Nok dan Sitong Kota Tegal, dengan sengaja dilaksanakan mulai pendaftaran hingga penilaian di Gedung Balai Kota. Hal ini semata guna menambah yakinnya para calon Duta Wisata kelak dirinya menjadi bagian penting dari pembangunan yang dilaksanakan pihak Pemerintahan Kota Tegal." jelas Ayya.

Lebih lanjut diterangkan pula oleh Ayya bahwa awalnya ia pesimis dengan jumlah peserta yang dikhawatirkan kurang diminati dikarenakan banyak hal-hal penyelenggaraan sebelumnya. Namun demikian dengan keyakinan dan kerja keras kami bersama tim menyusur ke berbagai elemen masyarakat dan meyakinkan mereka bahwa penyelenggaraan tahun ini akan lain dari yang lain maka hasilnya pun bisa dilihat sendiri, jelasnya pula. Hal ini karena Setiap Duta Wisata memiliki kesempatan untuk berkarier di berbagai bidang yang membawa masa depan cerah.

Bagi pemenang Duta Wisata Kota Tegal selain bakal menerima hadiah uang pembinaan, sertifikat dan Tropi, mereka juga bakal jadi andalan kebanggan Kota Tegal untuk menjadi wakil daerah untuk penyelenggraan even-even lomba di tingkat yang lebih tinggi.. Ayya dengan Seven Miracle Production -nya berniat untuk melebarkan sayap menjadi even organiser yang handal untuk kegiatan sejenis di berbagai kota di Pantura Jateng.

Di tempat lain Kepala Dinas Pora Parbud Ir. Wahyudi kepada wartawan menegaskan perihal penyelenggraan Pemilihan Duta Wisata Kota Tegal 2012 ini akan banyak peningkatan baik dalam bentuk penyelenggaraan maupun mutu dari para pemenangnya. Pasalnya kami melihat sendiri kemampuan wawasan di bidang pariwisata dan bahkan bahasa Inggris peserta tahun ini sangat memuaskan. Jika ini semakin menonjol, maka tahun depan dananya siap kami usulkan untuk ditingkatkan sebagai agenda tetap potensi muda-mudi Kota Tegal sebagai ruang seleksi menjadi Duta Wisata kebanggaan Kota Tegal, " jelasnnya. (Dyah Setyawati)

Komentar