Gapura Baru untuk SDN Bulak 1

SDN Bulak 1 merupakan Sekolah Dasar Negeri yang terletak berhadapan dengan Kantor Kecamatan Kandanghaur. Sebagai SD favorit SDN Bulak 1 tentunya ingin tampil beda dan menonjol di bandingkan dengan SD-SD yang lain. Tidak diragukan lagi dalam segi prestasi SDN Bulak 1 Kec. Kandanghaur terbukti banyak mengukir prestasi. Diantaranya prestasi siswa Juara 1 Lomba Siswa Berprestasi Tingkat Kecamatan Kandanghaur. Dan untuk prestasi sekolah, juara 3 lomba LKBD Putri Tingkat Propinsi.
Hal ini didukung oleh tenaga pendidik yang profesional, 8 orang guru PNS yang semuanya telah menempuh jenjang pendidikan Sarjana. Dan dibantu dengan tenaga 4 orang guru honor. Jumlah siswa di tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 427 siswa.
Pada 8 Oktober 2011 Kepala Sekolah H. Nurahman, S.Pd. mengundang para wali murid dari kelas 1 sampai dengan kelas VI untuk menghadiri rapat. Dalam acara tersebut hadir pula Sur’ad selaku Ketua Komite SDN Bulak 1, dan Pengawas yang mewakili Kepala UPTD Pendidikan Kandanghaur. Dalam rangka musyawarah mengenai program-program pendidikan SDN Bulak 1.
Dalam musyawarah tersebut Kepala Sekolah menyampaikan bahwa guna mendukung prestasi Sekolah, dirinya hendak melakukan perehaban sekolah. Diantaranya pembangunan gapura sekolah yang dianggap kurang memadai, serta lapangan upacara yang hendak di perbaiki. Guna menghadapi musim penghujan agar air hujan tidak tergenang di lapangan.
Orang tua selaku pembimbing siswa dirumah tentunya mendukung program tersebut. Hal ini senada dengan pernyataan Juju selaku wali murid, “Saya selaku orang tua siswa merasa bangga, jika sekolah terlihat bagus, tentunya orang tua yang lain juga sama pendapatnya dengan saya”. Rencananya dalam waktu dekat jika dana sudah terkumpul sumbangsih orang tua, akan segera direalisasi. “Bulan Desember tahun 2011 agar segera dibangun gapura dan peninggian lapangan upacara, agar saat musim hujan datang lapangan tidak becek “, ujar Kepala Sekolah.
Namun hingga akhir Januari 2012, kondisi SDN Bulak 1 belum ada perubahan. Program-program dari Kepala Sekolah hingga saat ini masih belum direalisasi. Padahal ada sebagian orang orang tua siswa yang sudah lunas dan turut partisipasi dalam pembangunan Gapura dan lapangan ini. “Saya sudah bayar, kok sampai sekarang gapura dan lapangannya masih belum dibangun juga !”, ucap Nur salah seorang wali murid. Menurutnya jika program ini tidak berhasil, seharusnya orang tua dan wali murid yang belum melunasi ditegur, dan diperingatkan. Atau jika program ini tidak berhasil seharusnya dilaporkan kepada orang tua dan wali murid.
Saat ditemui dikediamannya Sur’ad selaku Ketua Komite SDN Bulak 1 pun angkat bicara. “Dana yang sudah terkumpul masih kurang, baru 20% dari keseluruhan anggaran”, ujar Sur’ad selaku Ketua Komite SDN Bulak 1. “Masih harus menunggu yang lain yang masih belum membayar”, tegasnya Ketua Komite.
Orang tua dan wali murid SDN Bulak 1 sangat mengharapkan kepada pihak-pihak yang terkait agar segera merealisasikan program ini, agar dapat menunjang prestasi para anak-anak mereka di sekolah. Tentunya ini demi kebaikan dan kemajuan SDN Bulak 1 Kec. Kandanghaur. (rofi)

Komentar