WALI KOTA TEGAL RAYAKAN PESTA NELAYAN

WALI KOTA TEGAL RAYAKAN PESTA NELAYAN

TEGALTropong.com-,Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur nelayan Kota Tegal atas keselamatan, serta berkah dalam mengantungi hasil tangkapan ikan, Selasa 13/12 lalu bersama keluarga besar nelayan Kota Tegal, Jawa Tengah merayakan tradisi sedekah laut di pelabuhan setempat.
Dalam aacara Sedekah Laut itu disediakan enam kepala kerbau dengan makanan khas masyarakat pesisir pantai utara yang akan dipersembahkan untuk sesaji dalam upacara sedekah laut. Semuaya dihias pasa enam replika kapal , dan rumah adat yang kemudian diarak beramai-ramai menggunakan kapal untuk dilarung ke tengah laut.
Menurut Hadi Santoso selaku panitia Sedekah Laut, kegiatan sedekah laut ini dilakukan rutin setiap tahunnya. Selalu diselenggarakan pada bulan Muharam bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada sang Maha pencipta atas rejeki dari hasil laut yang selama ini menjadi sumber mata pencaharian mereka, pungkasnya.
Lebih lanjut ia mengatakan selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa, tradisi sedekah laut tersebut dilakukan untuk mempererat kerukunan antar nelayan di Kota Tegal.
"Sebab para nelayan jarang bertemu dan berkumpul bersama karena waktu mereka lebih banyak dihabiskan di tengah laut untuk menangkap ikan," ucap Hadi Santoso pula .
Pada perayaan sedekah laut tersebut telah dimeriahkan dengan pawai berjalan kaki keliling kota yang diikuti oleh sekitar 500 nelayan dan masyarakat umum. Serta sejumlah seniman dengan menggelar atraksi kesenian lokal seperti tarian balo-balo, rolasan, serta tempek kong. dan jaipong.
Pawai arak-arakan tersebut dimulai dari pelabuhan menuju balai kota Tegal. Untuk menyerahkan sesaji sedekah laut kepada wali kota. Pelaksanakan pawai ancak sebagai upaya untuk melestarikan budaya asli daerah. Sehingga masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya mengenal dan memahami kebudayaan kota Tegal tandasnya. ***

Komentar