DPRD Merasakan Kurangnya Anggaran Di Bidang Kesehatan



Slawi- Melalui Seminar Nasional Peran Stakeholder di daerah dalam rangka akselerasi Penurunan Kematian Ibu dan Kematian Bayi, Kamis 14/12 lalu, Ketua DPRD Kabupaten Tegal H.M. Rojikin AH. SH,SE menegaskan soal komitmen lembaga yang dipimpinnya. Ia jelaskan secara gamblang perihal tanggungjawab kesejahteraan rakyat merupakan tanggugjawab pemerintah daerah. Dengan demikian Bupati dan DPRD berperan penting untuk memperoleh pencapaian target penurunan kematian ibu dan anak. H.M. Rojikin dengan berapi-api memaparkan tanggungjawab DPRD dalam upaya menurunkan AKI dan AKB di Kabupaten Tegal.
"Jika Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi di suatu daerah cukup tinggi maka yang harus disalahkan adalah Bupati dan DPRD," ujarnya sembari dibumbui kelakar dihadapan 1000 peserta seminar.
Lebih lanjut HM. Rojikin yang dalam seminar tersebut bertindak sebagai pembicara ke tiga setelah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah PROF. Dr. LAKSONO. M.Sc. PhD.dan .Dr. Anung Sugihantono, M.Kes. Dalam pembahasan yang berjudul “Peran Legislatif Dalam Komitmen Pembiayaan Kesehatan” ia menekankan pada para Camat di wilayahnya; perihal peran penting Camat dalam upaya memantau peningkatan pelayanan kesehatan warganya. Hal ini menurutnya karena pelayanan kesehatan terutama dalam bidang penekanan AKI dan AKB membutuhkan dukungan dan Peran serta dari semua pihak, khususnya para camat yang secara langsung memimpin di wilayahnya.
Dijelaskan pula oleh HM. Rojikin, bahwa Kebijakan DPRD dalam upaya penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Tegal, memang tidak secara langsung. Meski kewenangan perannya hanya sebatas dalam anggaran, baik melalui Musrenbangcam,dan Kabupaten maupun nota keuangan Pemerintah daerah,
"Meski begitu kebijakan dari DPRD Kabupaten Tegal untuk tahun 2012 telah berupaya meningkatkan anggaran untuk Program peningkatan kesehatan Ibu dan Anak sebesar 310 %." demikian ditegaskan oleh HM. Rojikin AH, SH.SE dipuncak pemaparannya yang singkat padat namun menyegarkan, apalagi dibumbui dengan slide di layar invokus tentang peran DPRD Kabupaten Tegal dan foto-foto diri dengan penampilan gagah yang tentu saja disambut tepuk tangan serta aplaus yang panjang.
Rojikin memang tokoh politik yang paling piawai dalam berorasi, karena selain berlatar belakang pendidik, ia juga berhasil mengatungi gelar kesarjanaan baik dalam ilmu hukum maupun perekonomian. Bahkan kini ia telah lengkap meraih gelar pamungkas dalam perjalanan spiritualnya di Mekkah. Tak pelak Nama H.Muhammad Rojikin AH, SH.SE pun kian lengkap untuk merintis karier politiknya baik untuk memimpin daerah, dan Lembaga Partai di tingkat yang lebih tinggi. ( Noors)

Komentar