Empat Daerah Dukung Deklarasi FOLWAP

Berita Tegal—tropong.com. Dalam waktu dekat Forum Lintas Wartawan Pantura (FOLWAP) bakal dideklarasikan di Tegal. Lembaga insan pers yang mewadahi berbagai wartawan di wilayah kerja /liputan Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang tersebut belum lama ini berhasil dibentuk. Demikian dituturkan oleh pendiri sekaligus ketua terpilih Budi Sutarno. Menurutnya lembaga baru ini merupakan wadah dan pemersatu insan pers sebagai tindak lanjut AWP (Aliansi Wartawan Pantura) yang kini telah resmi menjadi wadah sekelompok wartawan di Kabupaten Brebes. Dengan berdirinya FOLWAP ini seluruh wartawan anggota AWP bergabung dalam FOLWAP sebagai lembaga yang ruang lingkupnya lebih luas.

Kepada tropong, Budi Sutarno menjelaskan panjang lebar kronologis terbentuknya FOLWAP. Secara histori berdirinya perkumpulan ini didasari atas desakan kawan-kawan wartawan di empat daerah. Mereka sepakat mendirikan lembaga baru yang bernafaskan kebersamaan terutama di wilayah pantura. Tak pelak ide kolektif tersebut berhasil dibentuk dan digagas secara bersama. Puluhan insan pers yang terdiri dari wartawan media cetak harian, mingguan, dwi mingguan, majalah dan media elektronik serta berita on line dari 4 kota tersebut pasca idul fitri kemarin mendukung berdirinya FOLWAP.

Dalam penjelasannya Budi Sutarno mengaku telah memperoleh dukungan dari beberapa pimpinan daerah. “Di kota Tegal, Slawi, Brebes dan Pemalang, saat ini kan belum ada lembaga jurnalistik yang mampu mewadahi seluruh jurnalis. Kalaupun ada PWI, AJI dan KWRI tidak semua bisa dirangkul. Sebagai penyeimbang dan guna meberi wadah berhimpun kepada mereka yang belum memiliki organisasi, kami ajak untuk bergabung dalam FOLWAP ini, “ ujarnya.

Lebih lanjut Budi jelaskan pula bahwa, saat ini ia tengah mempersiapkan pelaksanaan acara deklarasi untuk kepentingan forum tersebut. “Insya Allah jika tidak ada halangan, pelaksanaan deklarasi akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2011 mendatang. Secara kebetulan kami sudah membentuk kepanitiaan. Saat ini tengah diagendakan langkah-langkah persiapan kinerja kepanitiaan setelah Sabtu lalu dibentuk. Dari hasil rapat Panitia pelaksana Deklarasi FOLWAP, secara aklamasi kegiatan tersebut diketuai oleh Johari. Rencananya acara tersebut akan digelar di Pendopo balai kota Tegal. “Untuk suksesnya acara tersebut, kami bersama jajaran kepanitiaan siap bekerja keras demi terlaksananya acara tersebut ,” ucap Johari didampingi Budi Sutarno.

Sementara itu Kades Kebanggan kecamatan moga Kabupaten Pemalang; Dedy Setyadi merasa bangga dengan terbentuknya FORWAP. Ia berharap dengan terbentuknya forum yang meliputi Daerah Kabupaten pemalang tersebut tidak akan lagi munculnya wartawan liar non organisasi.

“Saya bersyukur dengan lahirnya FOLWAP ini. Selain akan menjadi mitra kami dalam pelaksanaan pembangunan, selanjutnya kehadiran wartawan liar akan menjadi semakin sempit. Sebagai Kepala Desa, saya lebih senang jika sesama wartawan tergabung dalam kelembagaan yang resmi,” usulnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kades Kaliwungu Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, yang juga Ketua Parade Nusantara untuk wilayah Kabupaten Tegal. Ahmad Husen menilai kerjasama yang baik antara pemerintahan desa dengan wartawan merupakan jalinan sehat yang diidam-idamkan. Lebih lanjut Ahmad husen menanggapi soal terbentuknya FOLWAP sebagai betuk pemersatu wartawan untuk dapat bekerja sama yang baik dalam pembangunan.

“Saya sangat menghargai wartawan yang selalu siap melakukan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak kami. Jadi dengan terbentuknya FOLWAP, kami merasa bersyukur serta menaruh harapan yang besar untuk kondusivitas pembangunan di masa mendatang.”

Dijelaskan pula oleh Jouhari dalam pelaksanaan deklarasi FOLWAP pada tanggal 29 oktober nanti, juga akan dilaksanakan pelantikan Pokja-pokja per daerah kabupaten dan kota. Untuk Kabupaten Tegal Pokja FOLWAP diketuai oleh N. Sudibyo, Untuk Kabupaten Pemalang Donald David, dan Kabupaten Brebes diketuai oleh D. Setyawati. ***(David /noors)

Komentar