Berita Slawi : Upacara Pengukuhan Paskibra Kabupaten Tegal Tahun 2011

Berita Slawi : Upacara Pengukuhan Paskibra Kabupaten Tegal Tahun 2011BERITA SLAWI - tropong.com
Kurang lebih sudah satu bulan menjalani serangkaian latihan dan bimbingan, pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2011 Pasukan Pengibar Bendera untuk Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 66, Kabupaten Tegal Tahun 2011 dikukuhkan dalam sebuah upacara. Acara yang diselenggarakan di Pendopo Ki Gede Sebayu ini dihadiri orang tua dari peserta Paskibra, Muspida, Pimpinan DPRD dan sejumlah Kepala SKPD di Kabupaten Tegal.

Seperti halnya upacara bendera, upacara pengukuhan Paskibra juga memiliki ragkaian acara yang sama. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Tegal H.M Herry Soelistyawan, SH, Mhum.. Rangkaian acaranya yaitu laporan panitia pembentukan Paskibra yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs. Edi Pramono, dalam laporannya panitia menyebutkan jumlah anggota Paskibra 80 personil terdiri dari 38 putra dan 42 putri dan ditambah dari TNI. Kegiatan latihan dan bimbingan Paskibra sendiri dimulai dari tanggal 12 juli sampai dengan 13 Agustus 2011 yang waktunya dari pukul 14 sampai pukul 17.30 WIB, sedangkan biaya operasionalnya berasal dari dana bantuan APBD.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Paskibra yang dipandu oleh Inspektur upacara dan penyematan pin merah putih secara simbolis juga oleh inspektur upacara dilanjutkan dengan penciuman bendera merah putih oleh semua personil Paskibra, nampak beberapa Paskibra meneteskan air mata, mengingat tidak mudah menjadi Paskibra dikarenakan ujian fisik dan mentalnya dan juga besok tanggal 17 akan mengemban amanat besar disebabkan akan mengawal bendera merah putih di upacara peringatan HUT RI.

Acara berikutnya adalah amanat inspektur upacara, dalam amanatnya Wakil Bupati berharap agar para personil Paskibra sebagai generasi muda harus meneruskan dan mewujudkan semangat Proklamasi dan Pancasila guna tercapainya kehidupan bangsa yang mandiri, adil dan makmur dan juga tak lupa berpesan untuk menyambut hari besok, tanggal 17 Agustus yang merupakan klimaks dari serangkaian latihan selama sebulan agar para personil melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan disiplin, serta mempersiapkan fisik dan mental dan selalu berdo'a, kemudian juga harus menunjukan kerjasama antar personil. Kemudian dilanjutkan dengan do'a penutup.

Upacara selesai, dilanjutkan acara salam-salaman Wakil Bupati beserta Muspida dengan personil Paskibra, kemudian acara foto bersama Paskibra dengan Wakil Bupati, kemudian dengan Muspida dan dilanjutkan foto dengan pelatih dan terakhir dengan orang tua masing-masing. (dyah.s/hikmah/dishubkominfo)

Komentar