Berita Brebes : Ampiran Khas Sate Blengong Alun-Alun Brebes

Berita Brebes : Ampiran Khas Sate Blengong  Alun-Alun BrebesBERITA BREBES - tropong.com
Siapapun orangnya akan ketagihan dan kembali untuk mampir mencicipi makanan khas brebes ini. Sate blengong memang memiliki keunikan sendiri untuk dikenang sebagai menu makan siang. Pasalnya manakala rasa lapar datang, dan pilihannya sate blengong dengan kupat lontong, pokoknya bikin perut tak kempong pikiran pun plong, ujar pedagang Sate blengong di sudut Alun-alun Brebes.

Blengong sendiri adalah nama lain dari bebek tongki hasil silangan bebek dengan entok. Namun kalau jaman dulu sih blengong itu ya burung beli bis. Sekarang belibis sudah tak ada yang mampu beli bis hanya bos Brebes dan Bos dari tegal saja, ujar pedagang sate Blengong sembari tertawa.

Berita Brebes : Ampiran Khas Sate Blengong  Alun-Alun BrebesJika dilihat dari sajiannya kupat sayur sate blengong itu mirip sebagaimana kupat sayur yang menjadi menu sarapan pagi atau kupat sayur ala masakan padang. Namun pada kupat sayur sate blengong kuahnya beraroma khas dan agak spesifik. Rasa pedas sambel merah dan tamburan krupuk diremek (dikremas) membuat sajian Kupat sayur sate blengong bertambah unik. Dan setiap kali sepiring kupat sayur sate blengong disajikan, pedagang akan menyodorkan sate blengong di piring yang boleh diambil berapa saja kuatnya sesuai kebutuhan perut. Satenya mirip sate yang belum dimasak. Namun ketika dijadikan lauk untuk makan kupat sayur khas Brebes ini akan terasa di lidah aroma khas yang tak ada duanya.

Berita Brebes : Ampiran Khas Sate Blengong  Alun-Alun BrebesPedagang Kupat Sayur Sate Blengong yang sudah melegenda sejak dulu memang yang ada di Alun-alun Brebes dan di Perempatan Islamic Center Pasar BAtang Brebes. (N.DIBO)

Komentar