BERITA BREBES : Kisruh di Pentas Iwan Fals



Konser Iwan Fals di Brebes Diibanjiri Ribuan Fans Oi
Pentas Iwan Kolaborasi dengan Ki Enthus

BERITA BREBES,Tropong.com-- Konser musik penyanyi balada Iwan Fals, telah berlangsung dengan gegap gempita di Lapangan Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, kabupaten Brebes, Selasa malam (24/5) kemarin itu lapangan desa yang biasanya sepi kegiatan tiba-tiba dipadati oleh ribuan penonton dari berbagai kota dan daerah. Banyak diantara mereka yang hadir mayoritasnya kaum muda - mudi yang berasal dari komunitas Oi (Orang Indonesia--pengemar berat Iwan Fals).

Konser musik bertajuk 'perjalanan spiritual" Iwan Fals di XTRaligi Putaran II itu, sebelumnya sempat dikotori juga dengan tindakan penonton yang kurang memahami kultur Balada atau tradisi masyarakat OI. Tatkala tengah berlangsung konser, mereka para perusuh yang berbaur dengan fans berat Iwan Fals terjadi saling dorong dan kemudian timbul kericuhan. Akibat dari kejadian tersebut, konser musik pun dihentikan sebeluyam waktunya selesai.

Kekecewaan nampak muncul dikalangan penggemar Iwan Fals. Selain karena sudah lama tidak menyaksikan konsernya, Para fans Iwan Fals pun mengaku mulai berdatangan di lapangan Desa Karangmalang jauh sebelum Pentas berlangsung. meski acaranya baru dimulai sekitar pukul 21.00 penonton yang sejak pagi menanti dan memadati lapangan membuat pemandangan fanatisme massa yang tersendiri. Mereka para penggemar Iwan Fals tidak hanya berasal dari Brebes, tetapi juga dari sejumlah kota-kota tetangganya. Membeludaknya jumlah penonton konser musiki 'Perjalanan Ritual' itu membuat akses transportasi jalan menuju lapangan Desa Karangmalang semalaman macet total.

Pada awalnya, konser musik itu berlangsung dengan tertib. Beberapa saat lagu-lagu hit ditembangkan Iwan. Di antaranya, tembang Tugu Pancoran, Mimpi yang Tak Terbeli dan Hatta. Munxulnya lagu-lagu indah tersebut membuat penonton histeris. Dalam pentas malam bersejarah itu pula, Iwan Fals melakukan kolaborasi dengan Dalang Ki Enthus Susmono dan Dalang Ki Sastro. Namun di Saat tembang pertama dinyanyikan Iwan, yang bertajuk Tugu Pancoran, penonton terlihat bergerak langsung berjoget mengikuti iringan lagu. Tak lama berselang, terlihat penonton mulai memanas saling dorong dan berusaha mendekat panggung, akibat aksi dorong itulah ujung-ujungnya ada beberapa penonton yang tertarik emosi melakukan aksi pemukulan. Akibat kejadian tersebut, kericuhan di antara penonton pun tidak terhindarkan.

pentas berhenti

Insiden keributan di pentas Iwan Fals memang tidak berlangsung lama. Ratusan polisi sudag dipersiapkan untuk berjaga-jaga di konser tersebut. Tak lama kemudian para aparatur keamanan itu langsung turun tangan. Mereka dengan cepat menangkap sejumlah penonton yang diduga jadi pemicu kerusuhan. namun demikian akibat insiden dan aksi yang tak terpuji dari penonton tak berbudaya itu, Iwan Fals yang dijadwalkan bakal menembangkan enam lagu hit, akhirnya hanya menyempatkan empat lagu dalam pentas akbar tersebut. Konser musik "Perjalanan Religi" Iwan Fals dihentikan karena tindakan penonton yang sudah tidak dapat terkendali.
(DYAH SETYAWATI)

Komentar