Peserta Asal Brebes Raih Prestasi Di Lomca Puisi Tegalan Se Jateng






BERITA BREBES - tropong.com
Pesta Lomba Baca Puisi Tegalan Se Jawa Tengah, yang dilaksanakan 16-17 April kemarin di Gedung Wanita Kota Tegal berakhir dengan gemilang. Menurut Nurngudiono (52) Ketua Pelaksana kegiatan dan Pimpinan Dewan Kesenian Kota Tegal, lomba kali ini telah melahirkan juara-juara baru. Menurut penjelasannya pula peserta lomba berjumlah 221 orang. Mereka berasal dari 14 kota di Jawa Tengah yang dikelompokan dalam dua kategori untuk remaja (pelajar SD dan SLTP) serta kategori umum (peserta pelajar SLTA, Mahasiswa dan Umum).
Setelah melalui babak penyisihan di tanggal 16, dengan melibatkan 12 dewan juri yang menilai seluruh peserta dalam 4 ruang, satu ruang di Gedung Kesenian, dan 3 ruang lainnya menggunakan kelas SMAN 4 Kota Tegal. Kegiatan lomba pun berjalan dengan tertib hingga menginjak sore harinya. Panitia dengan sengaja tidak langsung mengumumkan peserta lomba yang masuk babak final pada hari itu. Pengumuman menurut salah seorang dewan juri sengaja dilakukan di tnggl 17 sekaligus pemanggilan langsung untuk mengikuti babak final.
“Keputusan panitia kami anggap baik. Dengan pengumuman langsung di hari pelaksanaan babak final, maka seluruh peserta di babak penyisihan memiliki kewajiban siap bertarung di babak final. Selain itu mereka juga bisa ikut menyaksikan kemampuan-kemampuan para finalis hingga memperoleh kejuaraan. Hal ini dikarenakan pelaksanaan babak final hanya satu hari (pagi hingga siang) oleh 3 dewan juri yaitu saya, Nurhidayat poso dan Eko Tunas,” ujar Bontot Sukandar.
Pelaksanaan finalpun berjalan dengan meriah. Selain mengundang banyak perhatian masyarakat, banyak tokoh masyarakat, tokoh politik dan birokrat beberapa kota hadir saat itu. Sebut saja dari Brebes hadir Drs.Atmo Tan Sidik, Kabag Humas Pemkab Brebes yang ikut gembira dengan pelaksanaan lomba baca puisi tegalan tahun ini. Dari Kabupaten Tegal hadir Bapak Hadi Utomo, budayawan dan seniman khas Tegalan, Ki dalang Tomas Sugito dan jajaran lembaga pendidikan dari kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal.
Ka Humas Brebes Atmo Tan Sidik, kepada tropong.com menegaskan pihak Pemkab Brebes akan memberikan dukungan dan suport kepada para peserta asal Brebes yang berprestasi. “Saya yakin putra-putri Brebes sanggup mencapai prestasi di Lomba Baca Puisi tegalan tahun ini,” ujarnya yakin.
Sementara itu menjelang puncak acara hadir Wali Kota H. Ikmal Jaya, Ketua DPRD Kota Tegal Suripno, dan Sekda Kota Tegal Eddy Pranowo dan Ir. Wahyudi Kepala Dinas Disporasenbudpar . Dalam pelaksanaan final lomba baca pusi tegalan tersebut, Wali Kota Tegal merasa bangga dengan lembaga Dewan Kesenian yang dipimpin Nurngudiono. Selain sejak Januari Dewan Kesenian Kota Tegal tak pernah ada lelahnya menyajikan berbagai kegiatan mampu memberi nuansa edukasi baik bagi warga kota Tegal maupun luar daerah. Mengingat lomba baca puisi tegalan kali ini diikuti oleh berbagai kota di Jawa Tengah.
Wali Kota Ikmal Jaya pun, berpesan agar kegiatan-kegiatan yang positif tersebut terus ditingkatkan. Dan ia berjanji akan terus mendukung upaya Dewan kesenian dalam pelaksanaan program kerjanya. Bahkan bersama ketua DPRD Kota Tegal ia siap menaikkan anggaran Dewan Kesenian apabila dari tubuh Dewan Kesenian di kota Tegal terus melahirkan gagasan-gagasan positif yang mendukung Program Pemerintah Kota Tegal menuju “Tegal Cerdas”.
Dari hasil Final lomba tingkat Remaja diputuskan Indi Lulu Zakiyyah asal SMPn 1 Balapulang Kab. Tegal sebagai juara 1, Istiqlal Fauzan Hidayat asal SMPN 1 Kedungbanteng Kab. Tegal sebagai juara 2, Ilham Habiburrahman asal SDIT Usamah Kota Tegal sebagai juara 3, Ufti Adenta Aulia asal MTs.NU Wahid Hasyim Kab. Tegal sebagai juara harapan 1, Putri Irliyanti dari SDN Tegalsari 1 Kota Tegal juara harapan 2, dan Falma asal SMPN 4 Brebes Binaan Ibu Fatma, meraih juara harapan 3.
Sementara itu di tingkat umum, kejuaraan lomba baca puisi tegalan se Jawa Tengah diraih oleh Wirani Atqia Mahasiswa Semarang asal BTN Sugih Waras Pemalang, Suci Maghfiroh binaan Sanggar Seni Asah Manah Slawi Kabupaten Tegal sebagai juara 2, Mustika Nurul Ainy mahasiswa Unsud Purwokerto, Dinda Kharisma Mutiarani asal Sanggar Asah Manah Dukuh Sabrang Slawi Kab. Tegal sebagai juara harapan 1, Saeful Mu’min dari FKIP UPS Tegal asal Brebes juara Harapan 2, dan Lini Albaili, SPd Guru SMA Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal sebagai juara Harapan 3.
Hasil lomba yang diumumkan pnitia lomba baca puisi tegalan cukup memberikan kebahagaiaan pihak Pemkab Brebes. Apa yang diprediksi Drs. Atmo Tan Sidik tak meleset. Dua peserta asal Brebes telah menyumbangkan du tropi baik di tingkat pelajar maupun di tingkat umum. “Ini artinya generasi muda Brebes mampu bersaing dengan ratusan peserta lainnya dari 14 kota di ajang lomba tingkat Jawa Tengah,” ucap Atmo Tan Sidik Bangga. (Dyah Setyawati)***

Komentar