Banjir Peserta du Festival Teater Se-Jateng

Tegal—Dewan Kesenian Kota Tegal dalam waktu dekat ini tengah menggelar Festival Teater antar pelajar. Festifal yang seyogyanya diprogram oleh Dewan Kesenian ini di tahun 2010 akhirnya bisa dilaksanakan di Februari ini. Menurut Ketua Panitia Rudi Iteng yang juga Ketua Komite Teater DKT, telahTerdaftar 15 peserta dari berbagai kota di Jawa Tengah.

Dari Keterangan Rudi Iteng diperoleh keterangan perihal program kerjanya di Dewan Kesenian Tegal sebagai bentuk realisasi dari program Komute Teater th 2010. Selain menyajikan pentas insidental, Komite ini juga telah mengirim beberapa kontingen teater ke berbagai kota dan menerima kedatangan tamu teater dari luar daerah.

Dari data yang telah disiapkan panitia tercat yang mengikuti Festival di hari pertama akan tampil Teater GLAGAT, dengan lakon “Sudah” karya Bakdi Sumanto disutradara Apas Khafas dari SMAN 3 Kota Tegal, berlanjut di hari itu juga Teater Biroe SMA St. Yosef Surakarta, yang akan menampilkan Lakon “Nenek Tercinta” Karya Arifin C. Noer dengan sutradara Didik Panji. Dan malam harinya tampil Teater Matahari SMK Muhammadiyah Kabupaten Tegal, dengan lakon “Glontang” Karya Agus dengan sutradara Rizal yang akan ditampilkan hari Minggu, 6 Februari 2011.

Besok harinya akan tampil Teater Kembang dari SMAN 1 Brebes dengan lakon “Lena Tak Pulang”Karya Muram Batubara dengan sutradara Arief Solihin, siangnya main Teater Emas dari MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal dengan Lakon “Kabut-Kabut Malam” karya Abdul Hoir dan sutradara Abdul Hoir. MAlam harinya akan tampil Teater Widji SMK N 2 Pekalongan dengan lakon “Patung dan Ayam”, karya Sarjang dan Sutradara Sidik Ari Naja dan Teater Murub SMA Muhammadiyah Tarub Kabupaten tegal akan tampil dengan lakin “Kamping Kardus” karya Sisworo dengan sutradara Sisworo sendiri, Untuk pementasan Hari Senin tanggal 7 Februari 2011.

Adapun untuk giliran yang main hari Selasa, 8 Februari 2011, adalah peserta dari Teater Sabili MAN Brebes dengan lakon “Monumen” Karya Misbah Fima sutradara Misbahul Ahmad, berlanjut sorenya tampil Teater Byar SMA NU 01 Wahid Hasyim Talang Kabupaten tegal dengan lakon “Keluarga Badut” Karya/sutradara Apito Lahire, dan malam harinya tampil Teater Kamar 22 SUPM Kota Tegal menampilkan lakon “Ronggeng-ronggeng” Karya Yono Daryono dengan sutradara Ubaedilah, dan dipuncak malamnya tampil teater Stesa dari MAN Kendal melakonkan “Bayang Jingga” karya/sutradara Aslam Kusatyo ,
Untuk Peserta yang mendapat giliran hari Rabu, 9 Februari 2011, terdaftar group Teater Detak dari SMA N 1 Kota Tegal mengambil lakon “Nyinya-nyinya” Karya Wisran HAdi dengan sutradara YAnto, Sorenya tampil Teater Gempa SMA N 1 Slawi Kabupaten tegal dengan lakon “Polah Pak RT” karya/sutradara Amin Budianto, dan malamnya tampil teater Kosong dari SMA N 1 Surakarta dengan lakon “Orang Kasar” Karya Anton Chekov dengan sutradara Heru Gembul, dan dipuncak acara tampil Tetaer Sekawan asal SMA N 4 Kota Tegal dengan lakon “Kutu” karya/sutradara Apas Khafasy .

Setelah mengikuti babak pementasan demi pementasan menurut Ketua DKT Nurngudiono, pada hari Kamis , 10 februari 2011 malamnya diselenggrakan “Malam penganugerahan” bagi Peserta Festival yang berhasil tampil berprestasi. “Dalam acara puncak ini akan tampil beberapa acara hiburan yang bernilai teater dari teman-teman sastrawan dan teater Tegal yang sudah berhasil memikat perhatian publok nasional seperti Pasangan D. Setyawati dan Noors, serta beberapa pembaca puisi dan monolog,” ujar Ketua DKT.
Kegiatan yang dimotori oleh Dewan Kesenian Kota Tegal ini menurut Ketua DKT Nurngudiono merupakan kegiatan tahunan, Ia berharap semua Komite di tubuh kepengurusan Dewan Kesenian Kota Tegal dapat mengagendakan momen dan even tahunan yang member dampak positif terhadap perkembangan seni budaya di daerah bahkan di tingkat yang lebih tinggi,” jelasnya pula. ***(Dyah- Sudibyo)

Komentar