Berita Indramayu : Cikedung & Lelea diserang Wereng

30 Persen Lahan Pesawahan
Cikedung & Lelea diserang Wereng


Indramayu, Teropong .
Nasib buruk dialami masyarakat Kec. Cikedung dan Lelea karena harus mempercepat masa panen meski kondisi tanamannya masih nampak hijau. Dari hasil pantauan Wartawan Teropong, Keluhan dialami oleh warga desa Jambak, Cikedung Lor, Cikedung Kidul, Desa Amis, Loyang untuk Kecamatan Cikedung. Adapun untuk wilayah kecamatan Lelea Serangan werng melanda desa Tunggul Payung, Tugu, Cemeh dan Nunuk.

Menurut Rosidi warga Jambak pada Teropong mengatakan hama wereng yang menyerang Kec. Cikedung dan Lelea stidak bisa ditangulangi. “Mereka dengan ganas membunuh tanaman padai yang telah hamil. Tak beberapa lama langsung tanaman padi un terbakar. Akibatnya warga hanya pasrah. Dan guna menyelamatkan dari kerusakan yang ebih parah, seluruh warga yang lahannya diserang hama mempercepat masa panen, meski masih hijau ya dengan terpaksa dipanen, “ jelas Rusdi pula.

Sementara itu di desa Cikedung Lor seorang Ibu denga anak dan cucunya beramai-ramai memanen tanaman padi yang hijau. Dengan linangan airmata Rastinih mengatakan kekakalannya di tahun ini. “Anak-ana saya pun bertanya, kenapasih ma masih ujo sudah dipanen? Saya jelaskan dengan seadanya karena tanaman kita terkena wereng. Dan kita perlu makan selain juga menangulangi hutang pupuk dan obat-obatan,” keluhnya mengenaskan.

Saat Teropong berusaha menemui kiwi desa Jambak atau kuwu Cikedung Lor keduanya tak ada dirumah, pasalnya selain libur neyepi yang berhak menjelaskan perihal kegagalan panen di kec. Cikedung adalah PPL.

Sementara Pihak PPL di Cikedung dan Lelea saat dihubungi selulernya tidak dapat memberikan kerterangan perihal gagal panen di dua kecamatan tersebut.*** (Nurochman)

Komentar